Kunjungi DLH, Wali Kota Banjarmasin Pinta Pembenahan TPA dan TPS Jelang Penilaian Adipura 2024 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 25 Januari 2024

Kunjungi DLH, Wali Kota Banjarmasin Pinta Pembenahan TPA dan TPS Jelang Penilaian Adipura 2024

BERITABANJARMASIN.COM - Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina minta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) persiapkan penilaian Adipura 2024.

Hal itu disampaikan usai kunjungan Ibnu Sina untuk memastikan pelaksanaan program kerja DLH Kota Banjarmasin.

"Yang mana jadi program prioritas itu yang diminta untuk didahulukan," ucap Ibnu usai berkunjung kepada awak media, Senin (22/1/2024).

Ibnu juga meminta seluruh jajaran DLH Kota Banjarmasin untuk persiapan menghadapi penilaian Adipura tersebut dengan memastikan kawan - kawan ke lapangan dan kerahkan potensi masyarakat.

Selain itu wali kota dua periode itu menyoroti Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Basirih yang mendapat catatan pada penilaian tahun lalu hingga perlu dibenahi.

Di samping, keberadaan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar di Kota Seribu Sungai juga turut jadi perhatian.

"TPS memang harus dihilangkan. Sedangkan TPS yang ada apalagi sifatnya menganggu seperti TPS Lingkar Selatan untuk pastikan sudah dibersihkan," jelas ia.

Sementara itu, Kepala DLH Kota Banjarmasin, Alive Yoesfah Love mengungkapkan penilaian Adipura itu akan berlangsung dalam waktu dekat untuk itu berbagai persiapan sudah dilakukan.

Menurut Alive ada beberapa titik yang menjadi fokus pihaknya terutama pada TPA Basirih yang menjadi catatan pada penilaian tahun lalu.

 "Lahannya memang sudah penuh dan memerlukan penanganan serta pembenahan khusus untuk TPA ini," tutur Alive.

Sebenarnya lanjut Alive, penilaian Adipura sudah mendapat nilai tinggi sekitar 96 dan itu sudah memenuhi syarat. Namun adanya catatan itu yang membuat DLH Kota Banjarmasin gagal meraih piala Adipura.

Dalam penilaian kali ini lanjutnya pihaknya berusaha maksimal dalam pembenahan terutama di TPA Basirih.

Diantaranya pemanfaatan bio gas metan yang sudah mulai didistribusikan pada puluhan warga sekitar. Kemudian rumah maggot yang sudah difungsikan.

"Mudah-mudahan bisa menambah kekurangan kita di TPA," ujarnya.

Selain itu, penanganan TPS liar dan TPS overload juga menjadi catatan pembenahan dari pihaknya agar bisa teratasi

"Semoga dalam waktu dekat bisa menyelesaikan semua permasalahan itu untuk penilaian Adipura," pungkasnya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner